Radio Maritim News 102.6 FM Cirebon

Berita Online Cirebon

Ekbis

Begini Reaksi BI Menanggapi Video Viral Uang Pecahan 75000 Bisa nyanyi

Kpw Bi Cirebon Bakti Artanta

Radio Maritim News,Cirebon-Viralnya video uang nominal 75.000 dan 100.000 yang bisa munculkan video nyanyian Indonesia raya lewat medsos dan bikin geger netizen diketahui ternyata permainan lewat aplikasi AR (Automatic Reality) .

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Jawa Barat Bakti Artanta mengatakan,untuk yang seperti ini nggak ada sama sekali, nggak pernah kita membuat ciri-ciri uang itu ada yang bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, Karena kita tidak pernah membuat itu, aplikasi juga bukan kita yang buat.

“Saya sampaikan bahwa kalau dari sisi undang-undang mata uang yang namanya ciri-ciri uang rupiah itu tidak ada yang seperti ini yang bisa menyanyikan lagu indonesia raya kembali Bakti Artanta menegaskan.

Dijelaskan Bakti,yang benar menurut undang-undang, ciri umum mata uang itu ada frasa penulisan NKRI, terus tanda tangan kedua belah pihak itu Menteri Keuangan sama gubernur BI ujarnya selasa (29/09 2020) .

Bakti menambahkan,ada desain khusus pada mata uang itu misal ada rstoverso dan yang buat Peruri, ada hal lain termasuk bahan uangnya, bahan uangnya ada yang tertanam itu benang pengaman, ada juga yang gambar yang tersembunyi itu gambar pahlawan itu ciri desainnya , termasuk juga ada ciri cetakan, cetakan ada yang kasar, Itu ciri khusus jelas Bakti.

Menurut Bakti,Kemungkinan itu ada orang iseng yang buat aplikasi Automatic Reality atau AR dan dugaannya dari link tertentu dan ternyata di playstore tidak ada .

“Infonya di 75 ribu bisa, di 100 ribu bisa tapi tidak ada aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjukan keaslian mata uang itu.

Sekali lagi kata Bakti,hal ini perlu diklarifikasi kepada yang menciptakan pertama ya, saya kembalikan bahwa prinsip-prinsip uang di umumnya,sebab Ada pasal 25 undang-undang mata uang,Jangan sampai merendahkan simbol negara karena Rupiah inikan simbol negara, nanti ada ancaman pidananya ujar Bakti

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *