Radio Maritim News 102.6 FM Cirebon

Berita Online Cirebon

Cirebon News Update

DLH Segera Bangun Taman Saluyu Vespario Sehati Dibekas TPS Jalan Cipto

Ruliyanto Kasie Penanganan Sampah Dinas LH

Radio Maritim News,Cirebon-Tindak lanjut setelah ditutupnya TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang berada di jalan dr Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon, kini pihak DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Cirebon akan menggantinya dengan Taman Kota.

Ruliyanto Kasie Penanganan Sampah DLH Jumat (04/09 2020) dilokasi TPS yang akan dirubah menjadi taman kota pada radiomaritimnews.com mengatakan,”Menindak lanjuti pembongkaran TPS yang dilakukan hari ini merupakan tindak lanjut dari Penutupan TPS yang telah dilaksnakan pada tanggal 24 Agustus 2020 lalu, jadi setelah penutupan itu,selanjutnya DLH berencana akan mengganti TPS ini menjadi Taman Kota,namanya (Taman Saluyu Vespario Sehati ) ujarnya.

Terkait masalah penbongkarannya,ujar Ruly,”Teknis administrasi sudah kita tempuh, kita telah mengajukan surat penghapusan aset ke badan keuangan daerah (BKD), dan oleh BKD telah diproses ,makanya lama setelah penutupan ada jeda waktu dari penutupan ke pembongkaran.

Dijelaskannya,”Selain proses penghapusan aset, kita juga sedang mengajukan perjanjian kerjasamanya di bagian pemerintahan umum, jadi setelah penutupan itu ada langkah-langkah operasi yang memungkinkan, jadi ada jeda waktu, kita tidak serta merta langsung bangun ujarnya.

“Dan alhamdulillah BKDnya pun juga cepat merespon, akhirnya kita diberikan waktu oleh BKD pada hari ini untuk membongkar” terang Ruly.

Terkait masalah pembangunan taman kota, Ruly mengatakan ,”DLH telah menunjuk dan bekerjasama dengan PT Saluyu Vespario”.

Kata Ruly,Setelah tahapan pembongkaran nanti, tindak lanjutnya langsung dari pihak vespa sendiri yang Langsung akan melakukan proses pembangunan, jadi jeda waktu tidak terlalu lama sehingga tidak menimbulkan persoalan baru katanya.

“Kalau kami dari pemerintah kota berharap tidak ada jeda waktu dari pembongkaran sampai ke pembangunan taman Saluyu Vespario Sehati,berharap saat ini langsung jadi tidak ada jeda, untuk teknis pembangunannya bisa ditanyakan ke temen-temen vespa ungkapnya.

Ditanya tehnis pengangkutan sampah setelah ditutupnya TPS Cipto,Ruly menjelaskan,”Untuk teknis pengangkutan sampah kita sudah menerima usulan dari kelurahan terdampak,Seperti Kelurahan Sunyaragi, Kelurahan Kesambi, Pekiringan dan derajat, nanti usulan tersebut kita kaji dulu Kita sesuaikan dengan kemampuan Armada dan truknya ,mudah-mudahan saya bisa mengakomodir semua keinginan, karena Armada kita juga terbatas,ditambahkan Ruly,”Nanti kita sediakan TPS mobile, mudah mudahan dengan keterbatasan kami, kami bisa memaksimalkan permintaan dari masyarakat tersebut sehingga tidak menimbulkan potensi sampah liar kembali ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Yos selaku PIC PT Saluyu vespario se wilayah 3 Cirebon mengatakan,”Dengan kesempatan ini kami dari pihak swasta PT Saluyu vespario mendukung sepenuhnya visi misi Kota Cirebon

“Setelah menjalani proses tahapan tahapan yang harus kita ikuti, setelah pembongkaran ini kami segera melakukan pembangunan, kemungkinan Insya Allah hari Senin 07/09 2020 kami mulai pelaksanaan prmbangunan,tujuan percepatan pembamgunan ,agar tidak terjadi polemik baru yang mana sampah-sampah liar akan bermunculan” ujarnya.

“Estimasi pembangunan Kurang lebih pembangunan tidak memakan waktu lama, bisa antara 10 hari sampai Kurang lebih 12 harian jelasnya.

“Terkait besaran anggaran,kita melihat kondisinya yang dibutuhkan Seperti apa, artinya di sini kita maksimalkan yang mana kita diberikan kesempatan oleh pihak DLH ujarnya. (Lie)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *