Radio Maritim News 102.6 FM Cirebon

Berita Online Cirebon

Peristiwa

Jelang Nataru Polres Ciko Bekuk 13 Pengguna Dan Pengedar Narkoba

Radio Maritim News,Cirebon-Maraknya peredaran narkotika dan obat obtan terlarang semakin tidak terkendali dan tidak membuat jera pelakunya walau dihukum berat sekalipun.
Jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru . Red) Sedikitnya 13 pelaku tindak pidana penyalahgunaan berbagai jenis narkotika dan obat-obatan terlarang berhasil diringkus Polres Cirebon Kota. Jumlah tersebut dalam kurun waktu satu bulan atau periode November tahun 2020.

“Dari jumlah itu, lima diantaranya laporan penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan lima lainnya laporan penyalahgunaan obat sediaan farmasi,” ujar Kapolres Cirebon Kota, AKBP Syamsul Huda melalui Kasat Narkoba, AKP M Ilham saat menggelar konferensi Pers di aula Polres setempat,  Selasa (8/12/20).

Ia menyebutkan, kelima laporan berasal dari TKP yang tersebar di tujuh wilayah Kecamatan. Masing-masing dua dari Kecamatan Kedawung, tiga Kesambi,  dan masing-masing satu laporan dari Kecamatan Mundu, Lemahwungkuk, Harjamukti, Suranenggala dan Pumbon.  

Menurutnya, dari ke tujuh TKP, petugas berhasil mengamankan 11 laki-laki dan dua perempuan. Mereka saat ini mendekam di tahanan Mapolres untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sementara itu, barang bukti (BB) yang berhasil diamankan, jenisnya cukup beragam. Meliputi, narkotika jenis sabu 27 paket seberat 52,61 gram, sediaan farmasi sebanyak 16.788 butir dengan rincian pil Tramadol 14.155 butir, pil Trihex 1.303 butir dan pil Dextro 1.330 butir.

“Atas perbuatannya tersangka telah melanggar pasal 112 ayat 2 pasal 114 ayat 2 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dan pasal 196 Jo Pasal 197 UU RI no 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” paparnya.

Dikatakannya, adapun ancaman kurungan bagi para tersangka, yakni 15 tahun dan denda Rp. 1.5 miliar. Dalam penyalahgunaan sediaan farmasi tanpa izin edar yang sah pelaku dipidana mati, pidana seumur hidup, atau penjara singkat 6 tahun maksimal 20 tahun dengan denda  RP. 10 Milyar dalam  perkara mengedarkan jenis sabu.

“Untuk penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut, para  tersangka beserta BB ditahan dan disita Sat Serse Narkoba Polres Cirebon Kota,” pungkasnya. (Lie)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *