Radio Maritim News 102.6 FM Cirebon

Berita Online Cirebon

Cirebon News Update

Mamo My Darling 2,Tanam 10 Ribu Bibi Mangrove Di PPN Kejawanan

Radio Maritim News,Cirebon-Sejumlah masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, instansi pemerintah, dan komunitas Minggu (26/7/2020),Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Kota Cirebon, berkumpul menjadi satu untuk menanam Mangrove, yang dikemas dalam kegiatan bertajuk Mamo My Darling 2, atau Mari Move On Masyarakat Sadar Lingkungan 2.

Potensi Kota Cirebon sangat besar untuk dijadikan sebagai destinasi wisata Mangrove. Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memberi bantuan dana produktif yang bisa meningkatkan sumber daya yang ada di sekitar,Bisa dengan restorasi dan pengembangan ekosistem yang ada di wilayah pantai,hal ini dikatakan Kasubdit Restorasi Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, Hery Gunawan.

Inisiator Perhelatan kegiatan Mamo My Darling 2 Prabu Diaz yang juga sebagai Ketua LMA (Laskar Macan Ali) mengatakan ,”Kehadiran kawasan hutan Mangrove di pesisir pantai Kota Cirebon memang sangat dirindukan oleh masyarakat Kota Cirebon. Selain bisa berfungsi untuk menahan abrasi dari ombak laut, juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata, bahan alami pembuatan batik, bahkan obat.

Tidak mengherankan jika masyarakat Kota Cirebon mendukung penanaman bibit Mangrove di bibir pantai ujarnya.

Diaz menambahkan,”Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 10.000 bibit tanaman Mangrove disebar dan ditanam di kawasan sekitar PPN Kejawanan. Pada tahun sebelumnya, memang sudah ada kegiatan Mamo My Darling 1. Sebanyak 10.000 bibit tanaman Mangrove juga ditanam di tempat yang sama. Namun, akibat dari kondisi alam dan kurangnya perawatan, akhirnya tanaman Mangrove yang sudah ditanam ini menghilang dan rusak katanya.

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdul Syukur menjelaskan, memang diperlukan perawatan dan pemeliharaan setelah adanya penanaman ini. Sebab, kondisi cuaca yang masih belum stabil, akan bisa merusak bibit-bibit Mangrove yang masih kecil.

Bibir pantai Kota Cirebon yang membentang sejauh 7 km dari Utara hingga selatan, lanjut Syukur, hanya sekitar 13 hektar kawasan yang masih ditanami Mangrove, yakni di kawasan PPN Kejawanan dan Kesunean. Tentunya akan ditambahkan lagi ke depannya.

“Ada salah satu dari program Kementerian yang akan menanam Mangrove secara nasional. Kita akan menjadi bagian dari program tersebut,” ungkapnya. (Lie)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *