Radio Cirebon Maritim 102.6 FM

Median Online Cirebon

Ekbis

Pengguna QRIS di Ciayumajakuning Sudah Mencapai 81 Ribu

Radio Maritim News,Cirebon-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon mencatat, sudah ada sekitar 81 ribu pedagang di wilayah Ciayumajakuning yang telah menggunakan standard pembayaran nontunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sejak peluncuran pada 17 Agustus 2019 lalu sampai dengan Oktober 2020,

Hal ini merupakan upaya KPwBI Cirebon untuk mendorong para pedagang baik besar maupun kecil di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), supaya bisa menggunakan sistem pembayaran nontunai, yakni QRIS, pada setiap transaksinya.

Kepala KPw BI Cirebon Bakti Artanta menjelaskan, pengguna QRIS terbanyak yakni di Kota/Kabupaten Cirebon sebanyak 42.768 merchant. Lalu Kabupaten Indramayu 17.309 merchant, Kabupaten Majalengka 11, 091 merchant dan Kabupaten Kuningan 9.970 merchant.

“Sampai dengan tanggal 2 Oktober 2020 KPw BI Cirebon mencatat pengguna QRIS di Ciayumajakuning ada sekitar 81 ribu. Terbanyak di Kota dan Kabupaten Cirebon. Kami akan akan terus memperluas pengunaan pembayaran nontunai QRIS kepada para pedagang besar maupun kecil di Ciayumajakuning,” kata Bakti, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Bakti, penggunaan pembayaran nontunai QRIS di masa pandemi ini bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Sebab ada penelitian menyebutkan bahwa virus corona baru, bisa bertahan di uang dalam waktu lama.

Staf Unit Pengawasan Sistem Pembayaran KPw BI Cirebon, Arie Andira E menjelaskan, transaksi pembayaran digital di Ciayumajakuning di masa pandemi ini meningkat dan peredaran uang kartal mengalami penurunan.

“Peredaran uang kartal di masa pandemi ini agak berkurang. Namun penggunaan QRIS meningkat,” kata Arie.

Sistem pembayaran menggunakan QRIS bisa dilakukan tanpa harus tatap muka, karena sudah ada layanan di dalam aplikasi pembayaran atau dompet digital agar bisa digunakan meskipun di luar kota. Di saat akan bertransaksi pedagang atau penjual barang bisa mengirimkan QRIS-nya kepada pembeli.

“Kemudian ketika pembeli mendapatkan QRIS, maka tinggal melakukan pembayaran melalui aplikasi atau dompet digital yang dimilikinya,” ungkapnya. (Lie)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *